Sunday 1 May 2016

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang telah dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan tekstur daging buah yang lembut dan lezat di lidah. Buah alpukat yang sudah matang bisa langsung dimakan, namun cara yang terbaik untuk menikmati buah alpukat yaitu dengan di jus. Dibalik rasanya yang mak nyus tersimpan banyak zat-zat dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ada banyak kasiat buah alpukat bagi kesehatan yang belum kita ketahui.


Kandungan gizi buah alpukat. Alpukat termasuk jenis buah yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi berkisar 6.5 persen, tapi lemak tersebut merupakan lemat tak jenuh tunggal oleat atau yang biasa disebut sebagai Omega -9. Alpukat memiliki kandungan serat cukup tinggi dan kaya mineral kalium. Buah alpukat ukuran sedang meliliki kandungan serat berkisar 10 gram. Separuh alpukat ukuran sedang memiliki kandungan kalium berkisar 548 mg, 15 % lebih tinggi dari kandungan kalium yang ada di buah pisang. Kandungan lainnya yang ada di buah alpukat antaranya ada vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam folat, klorovil, zat besi, gula, dll.

Beberapa manfaat buah alpukat berikut ini, hasil copy paste dari berbagai sumber, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.


1.Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat 
Mengkonsumsi buah alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah,  sebab Lemak tak jenuh tunggal oleat mampu menurunkan kelebihan "kolesterol jahat" LDL secara efektif. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam nenurunkan kolesterol jahat, kita juga harus membatasi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Perbanyak makan buah alpukat dan membatasi makanan gorengan dan bersantan, serta mengurangi makan daging berlemak dan kuah yang mengandung lemak gajih merupakan langkah yang bijak.

2. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan organ jantung yaitu buah alpukat. Kombinasi lemak tak jenuh, serat, dan kalium yang terkandung dalam buah alpukat mampu untuk mencegah serangan penyakit akibat hipertensi dan kelebihan kolesterol jahat, khususnya penyakit jantung dan stroke.

3.Anti Keriput Dan Menghaluskan Kulit.
Buah alpukat juga menjadi sumber nutrisi yang lengkap untuk kesehatan kulit. Kombinasi kalium,vitamin A, klorovil, vitamin E mampu melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga sel tidak mudah rusak. Dampak yang paling nyata dari sel yang terjaga dengan baik adalah kulit wajah tampak halus dan awet muda. Mulai sekarang masukan buah alpukat dalam daftar menu makan harian kita.

4. Mencegah Sembelit
Kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah alpukat merupakan salah satu daya tarik tersendiri untuk memasukan buah ini dalam daftar menu makan harian kita. Dengan memenui kebutuhan serat yang dibutuhkan tubuh, maka sisitem pencernaan akan lebih sehat dan menghindari berbagai gangguan buang air besar seperti sembelit. 

5. Mengobati Pusing - Pusing Dan Darah Rendah
Mata sering berkunang-kunang dan kepala pusing? Periksakan ke dokter. Jika benar kita menderita kurang darah (Hb rendah) maka jangan ragu-ragu makanlah buah alpukat secara rutin. Di dalam alpukat terdapat zat besi yang berperan penting dalam pembentukan  darah segar dan mencegah anemia.

6. Baik Bagi Ibu Hamil
Alpukat sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan asam folat di dalam buah alpukat sangat dibutuhkan oleh janin, agar otak dan tulang belakangnya dapat tumbuh dan berkembang sempurna. Selain asam folat, kandungan vitamin B kompleks, terutama vitamin B 6 penting untuk mengontrol fungsi sistem saraf. Rendahnya konsentrasi vitamin B6 dalam darah mudah menimbulkan mual-mual pada tiga bulan pertama kehamilan. Konsumsi alpukat selama masa kehamilan mampu mencegah mual-mual.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah alpukat dipercaya mampu meningkatkan fungsi imun tubuh. Dengan tercukupinya asupan vitamin C maka kekebalan tubuh akan meningkat dan tubuh tidak mudah diserang penyakit terutama penyakit yang diakibatkan oleh perubahan cuaca yang tidak menentu, seperti flu, pilek dan batuk.

8. Manfaat Buah Alpukat Untuk Perawatan Rambut
Alpukat untuk perawatan rambut sudah lama digunakan di berbagai negara, konon katanya dipelopori oleh masyarakat Mesir Kuno. Dan dipercaya masyarakat zaman itu telah menggunakan buah alpukat untuk perawatan rambut, caranya buah alpukat dihaluskan dan dibuat untuk creambath. Hasilnya rambut hitam dan sehat berkilau.

Cara membuat jus alpukat segar


Siapkan bahan-bahannya
* Buah alpukat matang , dikeruk
* Susu kental manis putih, secukupnya
* Es batu secukupnya.
Cara membuat
* Blender buah alpukat yang sudah dikeruk, susu kental manis, dan es batu sampai lembut
* Tuang jus dalam gelas atau mangkuk, jus siap dinikmati

No comments:

Post a Comment