Tuesday 2 February 2016

Kekerasan dalam pacaran

Apa yang dimaksud dengan kekerasan dalam pacaran itu? 

Stop kekerasan pada perempuan. Kekerasan yang dilakukan oleh lelaki terhadap pasangan perempuannya tidak hanya terjadi dalam kehidupan rumah tangga yang biasa disebut dengan sebutan “KDRT” Kekerasan Dalam Rumah Tangga


Semasa berpacaranpun kekerasan dapat terjadi, banyak remaja putri yang diperlakukan tidak sepantasnya oleh pacarnya. Caranya si lelaki mengeksploitasi pacarnya setelah memiliki kartu AS. kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, atau psikologis pada seseorang yang dilakukan oleh pacarnya atau pasangannya yang belum menikah. Termasuk didalamnya ancaman dan pemaksaan. 

Apakah sebenarnya pengertian kekerasan dalam pacaran itu?

Kekerasan dalam pacaran yaitu setiap perbuatan atau tindakan yang mengakibatkan perampasan kemerdekaan secara sewenang-wenang. Hal tersebut bisa terjadi terhadap remaja putri yang sudah lama berpacaran ataupun yang baru saja berpacaran.

Kekerasan selama berpacaran yang dialami remaja putri bisa berupa kekerasan fisik, kekerasan seksual maupun kekerasan psikologis. Contohnya remaja putri dimarahi dan dicaci pacarnya ketika menolak untuk berciuman, dan juga bisa mengalami tindak kekerasan yang lebih exstrim seperti ditendang ditampar ataupun dipukul ketika sang pacar marah karena remaja putri menolak diajak bercinta.

Dan yang  lebih parah lagi jika sang remaja putri di jadikan budak nafsu bejad pacarnya atau dipaksa untuk melacurkan diri, melayani laki-laki hidung belang.
Berpacaran jaman sekarang dan fenomena pergaulan bebas menambah kekawatiran atas keselamat remaja putri dalam berpacaran. Berduaan ditempat sepi, berpelukan, pegangan tangan, berciuman dan seterusnya. Tentunya ini gaya berpacaran anak remaja sekarang yang sudah terlalu jauh berbahaya. 

Gaya berpacaran remaja zaman sekarang mulai Jauh dari rambu-rambu dan norma-norma adat ketimuran. Salah satu alasan remaja putri takut menolak keinginan pacar untuk bercinta karena mungkin remaja putri takut diputus pacar atau takut karena rahasia dan kartu As telah dipegang sang pacar. Dan rahasia tersebut dijadikan senjata ampuh untuk mengeksploitasi. Remaja putri harus tahu cara mencegah kekerasan dalam pacaran

Beberapa nasehat buat remaja putri yang baru atau mau berpacaran.
* Pertebal iman dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
* Jalankan ajaran agama dengan benar
* Jangan sekali-kali mau diajak berfoto tanpa pakaian apalagi diambil vidio
* Jangan terlena dan termakan bujuk rayu pacar
* Jangan percaya semua janji-janji pacar
* Katakan tidak dan tolak tegas ketika pacar mulai melakukan tindakan yang tidak disukai contohnya meraba anggota badan atau mencium.
* Jangan takut diputus pacar, jika pacar mengajak hal yang aneh-aneh berarti dia tidak sayang.
Kekerasan dalam pacaran yang berujung pada pencabulan bisa terjadi ketika remaja putri dalam keadaan sadar maupun tidak sadar. Biasanya remaja putri sengaja dibuat mabuk terlebih dahulu dengan diberi minuman beralkohol. Ketika remaja putri dalam kondisi mabuk dan tidak sadar apapun bisa terjadi, kekerasan dan pencabulan terhadap remaja putri dapat dilakukan pacarnya dengan leluasa.

Cara mencegah kekerasan dalam berpacaran 

Sebaiknya putus pacaran jika pacar memiliki sifat-sifat ini:
1. Kasar, suka berkelai, cepat marah dan bangga jika telah menyakiti atau membuat orang lain susah.
2. Pencemburu dan sangat posesif, tidak mengijinkan memiliki teman lain, selalu mengontrol dan selalu tidak mau putus.
3. Pemabuk dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang dan mengajak pacar untuk ikut mengkonsumsinya.
3. Suka mengatur, main perintah dan tidak menghargai pendapat pacar.
4. Suka mengancam, membuat orang lain takut dan memiliki senjata api atau senjata tajam.
5. Memaksa ML atau bercinta, suka mengobral janji sehidup semati, dan terlalu cepat jadian.
6. Suka menyalakan pacar padahal dia yang bersalah dan memojokan.
7. Sebelumnya memiliki riwayat hubungan yang buruk, dan suka menyalakan orang lain untuk tiap masalahnya.
8. Mengakui dan meyakini jika pria harus selalu berkuasa atas perempuan
9. Suka mengancam dan membuat keluarga pacar atau teman-teman dekat kawatir pada keselamatannya.
Jika sifat atau prilaku pacar ada yang sesuai dengan yang disebutkan di atas sebaiknya minta pacar putus saja, dan cari penggantinya……

No comments:

Post a Comment