Friday 4 March 2016

Cara mengajari gosok gigi anak balita

Ingin anak balita kita memiliki gigi yang bagus, kuat, putih dan utuh? Tentu banyak dari orang tua yang mendambakan putra-putrinya memiliki gigi gigi yang sehat,bagus, putih dan utuh.
Membersikan gigi sangatlah penting dilakukan secara rutin minimal sekali dalam sehari supaya kesehatan gigi bisa terjaga dengan baik.

Cara mengajari gosok gigi anak balita dapat dilakukan sewaktu gigi anak mulai tumbuh.

Kebiasaan menggosok gigi sebaiknya ditanamkan pada putra putri kita sejak usia dini. Membersihkan gigi anak balita sangat penting dilakukan supaya pertumbuhan giginya baik dan kesehatan mulut terjaga.


Banyak Ibu dan orang tua yang mengalami kesulitan untuk membersikan gigi anak balita, karena anak-anak sering lari dan menghindar ketika diajak ke kamar mandi untuk gosok gigi, sebab kebanyakan dari mereka menolak untuk gosok gigi.
"Peperangan" selalu terjadi setiap kali akan menggosok gigi si kecil, sehingga hasilnya kurang maksimal.
Ajari putra putri anda untuk gosok gigi sejak usia dini sesudah makan atau menjelang tidur malam, supaya kelak menjadi sebuah kebiasaan.

Membiasakan membersihkan gigi pada anak akan lebih baik jika dilakukan semenjak usia dini. Kita bisa melakukanya sejak anak masih bayi dan belum tumbuh gigi. Kita bisa membersihkan dan menggosok gusi-gusi lembutnya dengan  tisu basah atau kain lembut sehabis menyusu atau makan.

Apabila gigi balita sudah tumbuh semua, membersihkan gigi bisa dilakukan dengan menggosok giginya dengan sikat gigi dan pasta gigi. Bila umur anak Anda masih dibawah 2 tahun sebaiknya menyikat gigi tanpa menggunakan pasta gigi, untuk menghindari tertelannya sisa-sisa pasta gigi.




Cara mengajari anak gosok gigi


1. Siapkan Peralatan Gosok Gigi
Pililah sikat gigi anak yang memiliki bulu sikat rata dan halus, kepala sikat yang relatif kecil, gagang sikat yang lebar dan tebal. jangan memakai sikat gigi orang dewasa.
Saat ini banyak merek sikat gigi khusus anak-anak yang ada dipasaran dengan warna dan bentuknya yang lucu-lucu,
Ajaklah anak saat kita membeli sikat gigi, biarkan sikecil yang memilih sendiri bentuk dan warna sikat gigi yang ia sukai. Ini bisa menimbulkan minat anak  untuk belajar gosok gigi.

Pililah odol atau pasta gigi khusus anak-anak yang kandungan fluoride rendah, Pakai pasta gigi jangan terlau banyak sedikit sedikit saja. Pasta gigi yang diperlukan cukup sebesar biji kacang tanah saja. Jangan memakai pasta gigi yang buat orang dewasa, sebab pasta gigi dewasa biasanya memiliki kandungan Fluoride lebih banyak jika dibandingkan dengan pasta gigi anak.

Pada umumnya anak-anak yang dalam tahap belajar gosok gigi belum bisa meludahkan sisa pasta gigi, sehingga ada resiko pasta gigi tertelan.
Fluoride sangat bagus untuk mencegah pengroposan gigi, namun zat Fluoride sangat tidak bagus jika tertelan. Lebih jelas mengenai dampak fluoride jika tertelan anda bisa langsung menanyakan ke mbah google

2. Gerakan gosok gigi
Berikan contoh gerakan dasar menggosok gigi yaitu gerakan kekanan dan kekiri, minta sikecil untuk menirukan gerakan gosok gigi yang kita lakukan. Jika anak mengalami kesulitan menirukan gerakan kita, dan belum bisa mengkontrol gerakan sikat giginya dengan baik. Kita bisa membantunya dengan ikut memegang tangannya dan gerakan kekiri dan kekanan secara perlahan-lahan. Jika anak sudah bisa melakukan gosok gigi kekiri dan kekanan dengan lancar dan benar, selanjutnya ajari gerakan menggosok gigi ke atas ke bawah dan gerakan memutar.

3. Berkumur-Kumur
Mintalah anak untuk berkumur dengan air matang setelah selesai menggosok gigi. berkumur dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa pasta gigi yang masih tertinggal disela-sela gigi dan mulut. Berkumur dengan menggunakan air matang lebih aman bila dibandingkan dengan menggunakan air mentah. Agar anak kita terhindar dari resiko diare akibat kuman penyakit atau kotoran yang mungkin terkandung dalam air mentah jika tertelan.

4. Bersihkan Sisa Busa Pasta Gigi
Minta anak untuk membersihkan sisa-sisa busa pasta gigi yang biasanya tertinggal dan menempel disekitar mulutnya dengan menggunakan air matang.

Demikian cara mengajari gosok gigi anak balita yang bisa kita lakukan, semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment