Tuesday 1 June 2021

Buah Berserat Tinggi

Buah Berserat Tinggi. Serat sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Serat terbagi atas dua hal yaitu serat tidak larut dan serat larut. Serat tidak larut yaitu serat yang tidak larut dalam tubuh, serat ini akan tetap utuh sampai serat tersebut dikeluarkan dari dalam tubuh, sedangkan serat larut akan dengan mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Kedua jenis serat tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama bisa mengurangi dan mencegah resiko stroke, hipertensi, dan penyakit jantung.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung banyak serat, seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan.

Berikut ini merupakan daftar buah yang memiliki serat tinggi. Buah berikut ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan buah yang lainnya.

1. Apel merah
Kandungan serat pada apel merah sekitar 2 gram per 100 gram buah. Apel merah mengandung serat yang larut dalam air, asam organik dan kalium. Kasiat apel merah untuk menstabilkan tekanan darah. Kulit apel merah mengandung pektin ( termasuk serat makanan yang larut dalam makanan ) yang berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh, menyerap kelebihan air dalam usus, memperlunak feses, membantu menghalangi karies gigi dan gusi, menurunkan kadar kolesterol, dll.
Sumber serat buah apel ternyata tidak hanya dalam daging buahnya saja, serat juga terdapat pada kulitnya. Oleh karena itu jangan kupas apel saat akan memakannya. Makanlah buah apel dengan kulitnya, namun harus dipastikan kebersihannya, cuci sebelum dimakan.

2. Alpukat

Alpukat termasuk jenis buah yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi berkisar 6.5 persen, tapi lemak tersebut merupakan lemat tak jenuh tunggal oleat atau yang biasa disebut sebagai Omega -9. Alpukat memiliki kandungan serat cukup tinggi ( 2,2 gram per 100 gram buah alpukat ) dan kaya mineral kalium. Separuh alpukat ukuran sedang memiliki kandungan kalium berkisar 548 mg, 15 % lebih tinggi dari kandungan kalium yang ada di buah pisang. Kandungan lainnya yang ada di buah alpukat antaranya ada vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam folat, klorovil, zat besi, gula, dll.
Manfaat alpukat untuk menanggulangi anemia atau kurang darah, menurunkan kadar kolesterol jahat , mencegah penyakit jantung dan stroke, mencegah sembelit, dll.

3. Belimbing
Buah belimbing atau dalam bahasa latin bernama Averhoa Carambola L, Starfruit dalam Bahasa Inggris. Merupakan buah yang sedikit sekali peminatnya bila dibandingkan dengan buah lainnya, mungkin karena rasanya yang sedikit asam. Buah dengan bentuk yang unik, menyerupai bentuk bintang ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi berkisar 0,9 gram per 100 gram buah belimbing. Belimbing bisa disantap secara langsung sebagai buah pencuci mulut, karena memiliki rasa yang manis campur asam. Buah belimbing sangat bagus jika dihidangkan dalam bentuk jus.
Manfaat buah Belimbing antara lain untuk meredakan panas dalam, memperlancar pencernaan, mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan, mengatasi kencing batu, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dll.
Buah belimbing merupakan sumber vitamin, khususnya vitamin A dan vitamin C, sebagai antioksidan tangguh dalam melawan radikal bebas. Buah belimbing juga dipercaya dapat membantu mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah sariawan.
Kandungan nutrisi lain yang ada didalam buah belimbing ini adalah, serat, protein, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1,  Asam pantotenat (B5), vitamin B9, dll.

4. Buah Naga
Buah naga memiliki kandungan serat sebanyak 0,7 gram per 100 gram buah. Selain serat kandungan lainnya yang terdapat di dalam buah naga adalah kalium, pektin, magnesium, fosfor, dan zat besi. Manfaat buah naga bisa digunakan untuk memperlancar sistem pencernaan, menurunkan kandungan gula darah, mengatur keseimbangan gula darah, membantu mengatasi penyakit rematik dan asam urat, meningkatkan kesehatan mata, membantu mengontrol kadar kolesterol darah, dan mengatasi sembelit.

5. Jambu Biji Merah
Jambuh biji merah memiliki kandungan serat tinggi dengan kadar 7,3 gram per 100 gram jambu. Jambu biji merah cocok digunakan untuk terapi penyembuhan penyakit diabetes militus, karena rendah kalori dan renda gula. Jambu biji merh juga bisa dimanfaatkn untuk mengatasi infeksi, menurunkan kadar kolesterol darah, sebagai antioksidan dan anti kanker. Mengatasi sariawan melancarkan saluran pencernaan, serta dapat bermanfaat untuk membersihkan darah. Kandungan yang terdapat didalam jambu biji merah antara lain vitamin A, vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, dll.

6. Leci
Daging buahnya mirip dengan buah lengkeng dan rambutan. kandungan seratnya sebesar 1, 6 gram per 100 gram buah. kandungan lainnya yaitu glukosa, vitamin C, kalsium, magnesium dan fosfor. Manfaat kelengkeng bisa untuk memperbaiki jaringan kulit. Karena kandungan gula yang cukup tinggi, bagi penderita penyakit diabetes sebaiknya menghindari makan buah leci

7. Mangga
Buah mangga mengandung serat sebanyak 1,6 gram 100 gram mangga. Kandungan gizi pada mangga bermanfaat untuk menguatkan jaringan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan sistem pencernaan. mengurangi dehidrasi serta mencegah sembelit, Zat gizi dalam buah mangga juga dapat digunakan untuk terapi kecantikan dan berfungsi sebagai antikanker. Khusus penderita penyakit diabetes militus sebaiknya menghindari buah mangga terutama mangga harum manis sebab buah mangga mengandung kadar gula tinggi.

8. Melon

Buah melon memiliki kandungan serat sekitar 0,7 gram per 100 gram buah. Kandungan lainnya yaitu karbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Manfaat melon untuk menurunkan kadar kolesterol, menstabilkan tekanan darah, mencegah dan mengobati penyakit jantung dan stroke, membersihkan sistem sirkulasi darah dari aneka racun, melancarkan sistem pencernaan. dll.

9. Nanas
Buah nanas memiliki kandungan serat sebanyak 1 gram per 100 gram buah. kandungan lainnya yang terdapat dalam nanas antara lain, vitamin A, vitamin C, mangan, kalsium, magnesium, dan pektin. Pektin dalam buah nanas berfungsi untuk memperlancar pembuangan feses/ tinja dari usus, membantu meredakan panas dalam, meredakan batuk, mengatasi ginjal dan saluran kandung kemih, mengatasi sariawan, meredakan demam, mengobati penyakit jantung dan stroke.

10. Pisang

Kandungan serat dalam buah pisang sebanyak 0,6 gram per 100 gram buah. Selain serat buah pisang juga mengandung vitamin A, vitamin C, fosfor dan zat besi. Buah pisang berguna untuk mengurangi kadar asam dalam lambung, mengobati gangguan pada lambung, menurunkan kadar kolesterol, mengobati penyakit jantung dan stroke, menurunkan demam dll
Buah pisang juga memiliki kandungan kalium dan natrium yang cukup tinggi. Kalium dan natrium ini berguna untuk meningkatkan pertumbuhan sel dan otot, meningkatkan produksi sel darah merah, melancarkan saluran pencernaan dan berfungsi sebagai antioksidan dan antikanker.

11. Pir Hijau
Buah pir hijau mengandung serat sebanyak 2,3 gram per 100 gram buah. Kandungan lainnya yang ada didalam buah pir hijau yaitu vitamin C, kalium, magnesium dan pektin. Buah pir hijau bermanfaat untuk meredakan panas dalam, memperlancar sistem pencernaan, dll.

12. Pepayah
Buah pepaya memiliki kandungan serat sebanyak 1,3 gram per 100 gram buah. Kandungan lainnya yang terdapat di dalam pepaya  yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C,kalium, kalsium, magnesium, karbohidrat, dan papain. Papain dalam buah pepaya berfungsi untuk mengurai protein dalam usus, dan memperlancar keluarnya air susu. Selain itu papain juga merupakan salah satu enzim protease bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka dan membantu proses pencernaan protein. Manfaat pepaya lainnya yaitu untuk memperlancar sistem pencernaan, mengatasi sembelit, dll.

13. Semangka
Buah yang berbebentuk bulat seperti bola, dengan kulit yang agak tebal dengan warna kulit luar hijau. Kandungan seratnya sebanyak 0,3 gram per 100 gram semangka. Semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi yaitu sekitar 90%. Bisa untuk melawan atau menghilangkan rasa haus dan mengatasi dehidrasi. Buah semangka mengandung kalium dan kalsium yang baik untuk menghilangkan kolik. Kandungan lainnya yaitu vitamin A, vitamin, C dll.
Manfaat buah semangka bagi kesehatan antara lain, dapat menurunkan demam, menyembuhkan sariawan atau panas dalam, mencegah penyakit kanker, dapat membersihkan organ ginjal. dapat mengobati  penyakit diabetes, meningkatkan kesehatan mata, dapat membangkitkan libido pria, dan mencegah penuaan dini.

14. Tomat
Tomat memiliki kandungan serat sebanyak 4,2 gram per 100 gram buah. Kandungan lainnya yang terdapat di dalam buah tomat yaitu vitamin A, vitamin, B1, vitamin C, dan asam sitrat. Manfaat buah tomat yaitu untuk mencegah kanker prostat, menurunkan tekanan darah, membantu pembentukan glikogen dalam hati, mencegah penggumpalan darah, mencegah terjadinya rabun senja, dll

Itu beberapa buah buahan yang mengandung serat cukup tinggi, biasakan untuk mengkonsumsi buah setiap hari.

No comments:

Post a Comment